Analisis Harga Pertamax Turbo Ditinjau Dari Wilayah Geografis

harga pertamax turbo

Kuraya Mikara – Pertamax adalah jenis bensin yang kualitasnya baik dibandingkan pertalite, apalagi premium. Pertamax turbo menghadirkan bahan bakar yang membuat kelincahan kendaraan lebih baik lagi. Tak hanya itu saja keunggulannya, pertamax jenis baru ini juga membuat mesin akan lebih bertenaga. Setelah Anda tahu manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui harga Pertamax turbo terbaru agar nantinya Anda tidak bingung saat ingin menjadikannya sebagai BBM pilihan kendaraan. 

harga pertamax turbo

Harga Pertamax Turbo di Wilayah Sumatera

Di wilayah Sumatera, rata-rata harga pertamax jenis ini adalah sekitar Rp.10,050 meliputi wilayah Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi, dan Provinsi Lampung.  

Namun, harga ini berbeda dengan wilayah Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, dan Provinsi Bengkulu yakni dapat dibeli dengan harga Rp.9,850. Sedangkan khusus Provinsi Bangka Belitung tidak diketahui harganya kemungkinan pertamax turbo tidak di didistribusikan ke sana. Sementara itu di wilayah Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, dan Kotamadya Batam diperoleh dengan harga Rp.10,250

Harga Pertamax Turbo di Wilayah Jawa dan Sekitarnya

Pertamax Turbo di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara rata-rata sama yakni sebesar Rp.9,850. Wilayah ini meliputi Provinsi Banten, Provinsi DKI (Daerah Khusus Ibukota) Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.  

Harga ini dipukul rata kemungkinan disebabkan oleh letak geografis wilayah yang mudah dijangkau oleh kendaraan distributor pertamina. Di samping itu juga, wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara memang wilayah yang cukup ramai penduduk sehingga banyak orang yang membutuhkan BBM untuk berkendara. Di samping itu, memang wilayah ini sudah banyak polusi udara sehingga dibutuhkan bahan bakar yang emisinya ramah lingkungan. 

Harga Pertamax Turbo di wilayah Kalimantan dan Sulawesi

Harga pertamax Turbo di daerah Kalimantan dan Sulawesi seluruhnya Rp.10.050 meliputi Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Harga ini di lihat di daftar Pertamina memang berlaku keseluruhan di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. 

Harga di wilayah ini memang berbeda dengan wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara seperti halnya wilayah sebagian besar Sumatera. Hal ini, dapat disebabkan oleh wilayah geografis yang distribusi bahan bakar diperlukan penyeberangan kapal laut. Hal ini tentu akan menambah ongkos lebih sehingga harganya pun sebesar Rp.10.050. 

Wilayah di Indonesia memang tidak semuanya berkemajuan. Ada beberapa wilayah yang memang masih cukup tradisional atau jarang dijangkau sehingga menyulitkan distributor pertamina menjangkau. Di wilayah Maluku dan  Papua contohnya di data Pertamina tidak ditemukan Pertamax Turbo. Wilayah Timur jika dilihat dari wilayah geografis  memang, jarang ada penduduk yang bepergian jauh antar provinsi di wilayah itu. Dari Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, dan Provinsi Papua Barat penduduknya tidak banyak berkendara seperti penduduk Jawa. 

Kebanyakan di wilayah Papua mungkin berkendara dengan pesawat, kata salah seorang asal Papua karena memang antar daerah dipisahkan hutan yang cukup luas. Jadi, jika mengendarai kendaraan darat akan rawan ketika melewati hutan-hutan belantara. Namun demikian, masih bisa ditemukan Dexlite yang kualitas bahan bakar lebih baik dibandingkan Pertamax. 

Jika dilihat dari analisis data harga pertamax turbo, memang paling murah adalah wilayah yang dekat wilayah ibukota dengan kepadatan penduduk cukup tinggi terkecuali wilayah Lampung dan Sumatera Selatan yang juga dekat dengan pusat ibukota. Harga bahan bakar ini memang sudah disesuaikan dengan letak wilayah. Jadi, tidak mengherankan jika semakin jauh dari pusat pemerintahan di Jawa akan semakin mahal, terkecuali beberapa wilayah seperti Aceh dan Sumatra Utara. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *