Apa Saja Persiapan Sebelum Cabut Gigi?

persiapan pencabutan gigi

Kuraya Mikara – Cabut gigi menjadi momok banyak orang, namun ternyata di sisi lain, prosedur ini dianggap sebagai jalan paling praktis ketika sakit gigi menyerang. Padahal, cabut gigi sebenarnya hanya akan dilakukan apabila perawatan lainnya sudah tidak memungkinkan. Sesuai dengan namanya, gigi permanen akan Anda miliki seumur hidup. Tapi ada sejumlah alasan di tengah jalan yang membuat dokter merasa perlu untuk melakukan operasi cabut gigi pada salah satu (atau lebih) gigi Anda yang bermasalah. Entah itu mungkin karena kerusakan gigi yang terlalu parah, infeksi yang menyerang gigi, hingga merapikan lajur gigi yang terlalu sumpek sebelum dipasangkan kawat gigi.

Sebelum cabut gigi, akan ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan. Apabila hasil pemeriksaan tersebut baik, maka Anda boleh menjalani pencabutan gigi. Tidak berhenti di situ, perawatan rongga mulut setelah pencabutan gigi juga tidak kalah penting diperhatikan untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi. Proses pencabutan gigi sebenarnya cukup sederhana dan terbilang singkat. Sayangnya, perencanaan yang tidak tepat sebelum mencabut gigi dapat menyebabkan pemulihan yang lambat dan isu kesehatan gigi lainnya yang lebih parah. Apa saja persiapan pencabutan gigi?

persiapan pencabutan gigi

1. Ajak teman dekat, anggota keluarga, atau pasangan

Ajak seseorang untuk menemani Anda untuk menuju dan kembali dari tempat dokter, dan minta ia untuk ikut ke dalam ruangan atau tunggu di luar selama operasi dilakukan. Pusing dan mual adalah efek samping umum dari obat bius, sehingga tergantung pada jenis anestesi yang digunakan dan berapa banyak gigi yang harus dicabut, Anda mungkin tidak dalam kekuatan dan kesadaran penuh untuk mengemudikan kendaraan dengan baik setelah cabut gigi.

2. Yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi

Umumnya, Anda dianjurkan untuk tidak makan dan minum (termasuk air putih) selama delapan hingga dua belas jam sebelum operasi, tetapi dokter Anda sendirilah yang akan memastikan seberapa lama waktu puasa yang diperlukan untuk kasus Anda. Jika Anda menggunakan bius lokal, Anda boleh makan snack atau camilan pengganjal lapar 1-2 jam sebelum operasi. Gosok gigi, berkumur, dan floss gigi Anda sebelum berangkat ke dokter. Jangan merokok dalam 12 jam sebelum cabut gigi, dan setidaknya 24 jam setelah cabut gigi.

3. Kenakan pakaian santai

Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk pergi ke dokter. Meskipun dokter dan stafnya akan melakukan yang terbaik untuk mencegah menodai pakaian Anda, pertimbangkan untuk mengenakan sesuatu yang Anda tidak akan keberatan jika rusak atau ternodai. Hindari memakai lensa kontak karena mata Anda mungkin tertutup selama prosedur.

4. Siapkan makanan untuk setelah operasi

Kemungkinan besar Anda akan mengalami ngilu dan pembengkakan ringan setelah gigi dicabut. Ini dapat menurunkan nafsu makan, tetapi Anda tetap perlu mendapatkan asupan nutrisi yang tepat untuk masa penyembuhan yang optimal. Hindari makanan yang keras, asam, dan pedas yang bisa mengiritasi gusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *