Nutrisi Otak Bayi Untuk Perkembangannya yang Harus Dipenuhi

Kuraya Mikara – Sebagaimana diketahui, otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan tubuh dan mental, terutama untuk bayi. Oleh karenanya, orang tua harus senantiasa memperhatikan nutrisi otak bayi untuk perkembangannya agar tidak ada masalah yang terjadi, terutama masalah yang membuatnya tidak bisa tumbuh dan berkembang.

Berbincang tentang nutrisi untuk otak, ada beragam jenis nutrisi yang sebaiknya dipenuhi demi kesehatan si kecil. Tentu, Anda sebagai orang tua harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Adapun beberapa nutrisi yang sangat penting untuk menunjang kesehatan otak bayi adalah sebagai berikut:

nutrisi otak bayi untuk perkembangannya

1. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk si kecil, terutama terkait perkembangan otak. Dengan protein yang cukup, maka nantinya sel saraf otak si kecil akan tumbuh dengan lebih maksimal.

Kondisi saraf yang sehat akan membuat otak bisa berkembang dengan lebih tepat. Nah, terkait protein, sumber nutrisi ini bisa didapatkan di beragam bahan makanan seperti daging, ikan, ayam, yogurt, aneka biji dan kacang-kacangan.

2. DHA

DHA juga termasuk jenis nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak si kecil. Hal ini dikarenakan DHA akan mempengaruhi bagaimana fungsi otak si kecil berkembang serta menunjang perkembangan mental buah hati.

Salah satu sumber DHA terbaik adalah ASI. Selain itu, nutrisi ini bisa didapatkan secara langsung dari pola konsumsi ikan serta aneka kacang-kacangan.

3. Zat besi

Nutrisi lain yang tidak kalah penting untuk memaksimalkan perkembangan otak si kecil adalah zat besi. Ya, hal ini dikarenakan zat besi sangat penting untuk memaksimalkan produksi hemoglobin di mana nantinya akan memaksimalkan volume oksigen yang masuk ke dalam otak si kecil untuk perkembangan yang lebih maksimal.

Nah, beberapa poin di atas adalah ragam nutrisi otak bayi untuk perkembangannya yang sebaiknya dipenuhi dengan baik. Tentu, Anda sebagai orang tua harus melakukan kontrol pada pola konsumsi si kecil untuk memaksimalkan nutrisi yang didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *