Pap Smear: Apa dan Bagaimana?

pap smear

Kuraya Mikara – Apakah Anda pernah mendengar pap smear sebelumnya? Bisa dikatakan bahwa pap smear merupakan hal yang sangat penting terutama bagi wanita. Sayangnya, meskipun penting, masih banyak wanita yang kurang memahami pap smear dengan baik. Oleh karenanya, sehatq.com mencoba memberikan informasi yang memadai terkait hal tersebut.

Pengetahuan tentang pap smear menjadi hal yang begitu esensial bagi wanita karena term ini berhubungan dengan kesehatan rahim atau serviks wanita. Lantas, apa dan bagaimana pap smear tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Apa Itu Pap Smear?

Hal pertama yang harus dipahami dengan baik adalah definisi dari pap smear tersebut. Secara medis, pap smear adalah suatu tes –disebut juga pap test, yang merupakan metode pengujian awal untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim atau serviks pada wanita. Pengujian awal ini begitu penting karena akan membuak peluang penanganan kasus yang lebih cepat dan segera bisa diobati.

Oleh karenanya, dengan dasar definisi tadi, pap smear menjadi tes yang cukup penting untuk dilakukan. Seorang wanita tentu perlu melakukan tes pap smear secara rutin. Pengetesan secara rutin ini akan membantu dokter memprediksi kondisi serviks di beberapa waktu yang akan datang.

Akan tetapi, ada beberapa pantangan yang perlu diketahui perihal pap smear. Dalam hal ini, pengetesan sebaiknya tidak dilakukan oleh wanita yang hamil lebih dari usia 25 minggu atau 12 minggu setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan akurasi tes yang dilakukan bisa berkurang.

Pertanyaan Seputar Pap Smear

Ada beberapa pertanyaan mendasar yang cukup sering muncul dan tentu saja harus dipahami dengan baik. Adapun beberapa pertanyaan terkait pap smear yang penting untuk diketahui bersama adalah sebagai berikut:

pap smear

1. Kapan waktu pemeriksaan dilakukan?

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada waktu yang sebaiknya dihindari untuk melakukan tes pap smear. Nah, untuk waktu pengetesan sendiri, disarankan seorang wanita secara rutin –setiap dua tahun sekali, melakukan pap smear jika ia sudah berusia 21 tahun. Untuk wanita yang berusia 30 tahun ke atas, maka pap smear bisa dilakukan setiap 3 tahun sekali. Perlu diketahui bahwa pap smear ini disarankan untuk wanita yang berada pada masa subur.

2. Apa yang dipersiapkan saat akan menjalani pap smear?

Ada beberapa hal yang memang harus dipersiapkan sebelum menjalani pap smear. Dalam hal ini, wanita sebaiknya tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan mereka sebelum melakukan tes. Selain itu, jangan mencuci vagina dengan pembersih khusus sebelum tes. Kedua hal tersebut sebaiknya dihindari sekitar 2-3 hari sebelum tes.

Ya, persiapan tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil tes pap smear. Cukup banyak ahli yang mengatakan bahwa hal-hal di atas nantinya akan membuat hasil tes cenderung lebih akurat.

3. Bagaimana tes pap smear dilakukan?

Cukup banyak wanita yang bertanya mengenai mekanisme tes pap smear tersebut. Selama proses pap smear, dokter akan meminta Anda untuk berbaring dengan posisi kaki dilebarkan dan lutut dilipat. Kemudian, dokter akan memasukkan alat ke dalam vagina guna mengambil sample. Sample inilah yang akan diperiksa di lab dan akan diketahui hasilnya.

Nah, beberapa hal di atas adalah seluk beluk mengenai Pap Smear yang harus Anda ketahui. Dengan pengetahuan tersebut tentu Anda menjadi sadar betapa pentingnya pap smear ini. Jika Anda ingin melakukan tes pap smear, Anda bisa berkonsultasi dan menemukan dokter yang tepat melalui sehatq.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *