Pilih Nama Domain Terbaikmu Dengan 4 Tips Ini!

cek domain online

Kuraya Mikara – Kamu tahu kan jika kita membuat sebuah website, baik itu website perusahaan, organisasi, maupun pribadi kamu pasti membutuhkan yang namanya nama domain. Nama domain adalah nama alamat dari sebuah website yang akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi situs websitemu dengan benar. Jika kamu masih belum menemukan nama apa yang cocok untuk websitemu, kamu bisa coba cek domain online di Dewaweb. Selain itu kamu harus melihat beberapa tips berikut ini agar kamu bisa menemukan nama domain terbaik untuk websitemu. Mari simak!

cek domain online

1. Gunakan Nama Branding

   Cara mudah dan paling tepat dalam memilih nama domain adalah dengan menggunakan nama branding sendiri. Kamu bisa menggunakan nama brand dari perusahaan, organisasi atau dirimu sendiri untuk lebih menguatkan nilai branding dan membangun kepercayaan pengunjung bahwa itu adalah benar website miliki perusahaan, organisasi atau pribadimu sendiri.

2. Gunakan Kata Kunci Terkait

Kumpulkan banyak kata kunci terkait dengan tema websitemu sebagai bahan untuk memilih nama domain. Orang akan lebih mudah untuk menebak isi websitemu tentang apa dengan melihat nama domainnya. Jika websitemu tentang keuangan kamu bisa menambahkan kata kunci finance, jika tentang masakan kamu bisa menambahkan kata kunci kitchen, dapur, resep, cook, masak dan masih banyak lagi. Jika tentang properti kamu bisa masukkan kata kunci seperti properti, rumah, tanah, bangunan, dan sebagainya.

3. Manfaat Lokasi dan Nilai Tambah

Kamu juga bisa menambahkan lokasi dalam nama domain untuk menarik target dari wilayah yang kamu inginkan. Contohnya seperti jika kamu membuat website untuk grup properti dan propertianda.com telah tersedia, kamu bisa menambahkannya seperti propertisurabaya.com atau propertiandajakarta.com. Kamu juga bisa menambahkan nilai tambah dalam nama doaminmu seperti bukumurahmalang.com atau sepatuanakoriginal.com

4. Gunakan Nama Unik dan Pendek 

Semakin pendek dan semakin unik nama domain kamu, maka akan semakin mudah untuk diingat. Kamu bisa membuat nama unik seperti twiiter.com atau google.com yang sebenarnya tidak ada korelasi antara isi website dengan nama domain, namun karena keunikan dan nama domain yang pendek membuat mereka lebih mudah diingat.

5. Gunakan Ekstensi Anti Mainstream

Untuk membuat nama domain kamu terlihat lebih unik dan mudah untuk diingat, kamu bisa memilih menggunakan ekstensi yang tidak terlalu mainstream. Seperti jika websitemu berisi tentang pendidikan kamu tidak harus memberinya nama domain seperti belajar bersama.com, kamu bisa menggantinya dengan belajarbersama.ac.id.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan ekstensi lain bila nama domain yang kamu inginkan sudah tersedia. Jika kamu ingin menggunakan nama dengan keretakencana, namun keretakencana.com telah ada, kamu bisa menggantinya dengan keretakencana.net. Namun penggunaan hal ini bisa menyebabkan resiko kebingungan di antara para pengunjung yang kurang teliti, jika tidak terlalu mendesak sebaiknya kamu bisa tambahkan nilai tambah atau karakter unik lainnya tentang websitemu agar semua orang tidak salah mengunjungi website lain yang mempunyai nama domain yang hampir sama denganmu.

6. Cek Domain Online

Jika kamu ingin membeli nama domain sendiri, kamu bisa melihat ketersediaan nama domain yang kamu inginkan dengan cara cek domain online melalui search engine yang disediakan oleh Dewaweb. Kamu bisa melihatnya, apakah nama domain yang kamu inginkan sudah ada pemiliknya tau masih dapat dipesan. Kamu cukup membuka halaman utama dari Dewaweb.com dan tinggal memasukkan kata kunci nama domain yang kamu inginkan untuk cek domain online. Selain kamu bisa membeli nama domain disini kamu juga bisa sekaligus membeli web hosting untuk website mu loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *