Simak Prosedur Membuat NPWP dengan Mudah

Cara membuat NPWP

Kuraya Mikara – Cara membuat NPWP tidak lah sulit, apalagi saat ini sudah bisa Anda lakukan secara online dari rumah. Sebenarnya apa sih NPWP itu? NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan suatu nomor identitas yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang memiliki kewajiban membayar pajak dari penghasilannya di Indonesia, sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Untuk melakukan pendaftaran nomor, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan sarana melalui website resmi DJP pajak.go.id yang bisa Anda akses untuk semua kegiatan perpajakan. Untuk pembuatan NPWP secara offline, Anda bisa langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat.

Sebelum datang ke KPP atau secara online masuk ke website DJP, Anda perlu untuk menyiapkan beberapa berkas yang nantinya akan dibutuhkan, baik menjadi syarat atau data pendukung. Syarat utama yang harus Anda bawa adalah kartu identitas (KTP) atau paspor untuk WNA, dan dokumen izin kegiatan usaha oleh instansi berwenang.

Cara membuat NPWP

Prosedur Pembuatan NPWP

Cara membuat NPWP bisa dilakukan dengan dua cara. Anda bisa membuatnya langsung di Kantor Pelayanan Pajak atau bisa juga membuatnya secara online. Manakah yang lebih mudah? Pada dasarnya pembuatannya sama-sama mudah, hanya saja jika langsung Anda harus menyiapkan waktu untuk datang ke KPP, sedangkan jika secara online hanya bisa langsung membuatnya di rumah saja. Di sini akan membahas kedua cara tersebut.

Pertama, akan membahas bagaimana pembuatan NPWP secara langsung di Kantor Pelayanan Pajak. Langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah

  1. Menyiapkan semua dokumen yang dipersyaratkan.
  2. Datangi Kantor Pelayanan Pajak terdekat dari alamat KTP Anda.
  3. Di KPP, Anda akan diberikan sebuah formulir pengajuan NPWP. Isilah formulir tersebut dengan benar.
  4. Setelah selesai, serahkan formulir beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke petugas pendaftaran.
  5. Tunggu beberapa saat, tenda terima pendaftaran Wajib Pajak akan diberikan.

Cara mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem online. Untuk pengajuannya, Anda bisa dari rumah, tanpa perlu pergi ke KKP dengan cara:

  1. Buka website resmi DJP di pajak.go.id. saat sudah masuk, Anda bisa memilih tulisan ‘pendaftaran pajak’.
  2. Masukkan alamat email yang perlu digunakan untuk registrasi, kemudian masukkan password yang Anda buat.
  3. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa memilin ‘daftar’. Selanjutnya masukkan alamat e-mail aktif dan ketik kode captcha-nya
  4. Tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatkan e-mail untuk verifikasi.
  5. Isi semua kolom yang tersedia. Setelah selesai, pilihlah pertanyaan rahasia dan jawaban untuk verifikasi. Lalu klik ‘daftar’
  6. Pilih status ‘pusat’
  7. Melengkapi semua dokumen-dokumen penting yang ditinggalkan.
  8. Isilah formulir hingga selesai. Nanti akan muncul status pendaftaran NPWP. Selanjutnya pilih ‘minta token’ kemudian submit.

Cara pembuatan NPWP secara online cukup mudah bukan. Lebih mudah lagi ketika Anda menggunakan aplikasi BukuKas. Laporan keuangan usaha Anda akan menjadi lebih rapi, dan untuk melihat tariff pajaknya lebih mudah dan tidak membingungkan. Berbagai fitur yang ada di dalamnya juga berfungsi untuk pembuatan laporan keuangan usaha menjadi lebih praktis. Sebelum ketinggalan dengan yang lainnya, Anda bisa langsung unduh aplikasi ini sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *