Tips dan Trik Mudah Menjinakkan Burung Hantu Celepuk

burung hantu celepuk

Kuraya Mikara – Saat ini sedang tren memelihara burung hantu bahkan sudah bukan merupakan salah satu hewan yang tabu untuk dipelihara lagi. Burung eksotis ini memang sudah banyak dipelihara oleh banyak orang. Apabila anda masih pemula dan berminat memelihara burung hantu, maka anda bisa memilih jenis burung hantu celepuk karena harganya yang tergolong murah dan perawatannya yang mudah.

Cara Menjinakkan Burung Hantu Celepuk

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa cara perawatan burung hantu celepuk itu mudah, cara menjinakkan burung hantu celepuk dianggap cukup sulit bagi sebagian orang apalagi bagi yang baru memelihara burung hantu. Agar tidak salah, berikut terdapat cara merawat dan menjinakkan burung hantu celepuk :

burung hantu celepuk

1. Beri makan dengan tangan secara langsung

Trik pertama untuk menjinakkan burung hantu celepuk yaitu dengan memberi makan langsung menggunakan tangan. Jadi anda harus menyuapinya langsung dengan tangan anda sendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar burung hantu menjadi kenal dengan anda dan bisa lebih ramah. Namun anda tidak harus menyuapinya terus menerus dan bisa meletakkan makanan di tempatnya apabila burung hantu sudah jinak agar bisa lebih cerdas.

Anda bisa melakukan cara ini pada saat kondisi burung hantu sedang lapar yaitu dengan mencari makanan burung hantu celepuk kemudian menunjukkannya di depan burung hantu dan perlahan beri makan seperti sedang mengiming-imingnya. Lakukan cara ini terus menerus hingga burun hantu jinak.

2. Sering disentuh

Burung hantu celepuh juga peka terhadap sentuhan manusia sehingga burung hantu akan tetap diam ketika disentuh secara lembut, sama seperti hewan peliharaan pada umumnya. Hal yang perlu diingat dan penting adalah jangan memberikan sentuhan atau melakukan pergerakan yang dapat mengagetkannya. Anda bisa menyentuh burung hantu celepuk dengan pelan agar bisa jinak.

3. Mandikan sesekali

Burung hantu merupakan hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga tidak harus dimandikan. Namun anda juga bisa memandikan burung hantu celepuk sesekali untuk menjinakkannya. Anda hanya perlu membawa burung hantu celepuk ke tempat mandi kemudian burung hantu akan mandi sendiri. Anda juga bisa sesekali mengusapkan air ke tubuh burung hantu saat mandi dengan lembut dan pelan agar bisa lebih jinak dan ramah.

 4. Jangan meletakkan di sangkar terus menerus

Banyak yang selalu menempatkan burung hantu di dalam sangkar terus menerus dan jarang mengeluarkannya sehingga membuat burun hantu dapat mengalami stres. Sebaiknya siapkan sebuah area tempat yang terbuat dari ranting kayu untuk tempat bertengger burung hantu. Dengan ini burung hantu akan merasa seperti berada di habitat asalnya sehingga bisa lebih tenang. Jangan lupa untuk mengikat kakinya agar tidak lepas dan terbang.

5. Perlakukan seperti teman

Sama seperti hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, burung hantu juga dapat menerima dan memahami perlakuan yang sama sehingga burung hantu juga dapat melihat majikannya seperti teman. Maka dari itu sangat penting untuk memperlakukan burung hantu celepuk seperti teman.

Cara-cara untuk memperlakukan burung hantu celepuk sebagai teman juga berbeda-beda, bisa dengan mengajak burung hantu berbicara, mengelusnya sesekali, memberi makan secara teratur, memandikan burung hantu, dan cara-cara lainnya.

Namun diperlukan waktu yang tidak bisa dibilang singkat untuk menjinakkan burung hantu celepuk. Namun tentu saja hal ini tidak masalah karena wajar sehingga diperlukan kesabaran apabila ingin memelihara burung hantu celepuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *